EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MASA PANDEMI

Authors

  • Seri Zalukhu STT Kristus Alfa Omega
  • Eni Rombe STT Kristus Alfa Omega
  • David Priyo Susilo STT Kristus Alfa Omega

Keywords:

effectiviness, learning model, blended learning, pandemic

Abstract

It has been suggested that the blended learning model in SMK Negeri of the 3 Lahewa is less effective. This is because most students claim the use of the blended learning learning model is less helpful to students in understanding the learning materials. It was to identify the extent of blended learning during the pandemic. The methodology used in this study is a quantitative description. Based on hypothesis testing acquired a level of effectiveness of learning blended learning during the pandemic in SMK Negeri 3 Lahewa the year 2021/2022 fall under the category of 57, 28%.

References

Adijaya, Nuryansyah. Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra Volume 10 (2018): 106.

Ahmad Kholiqul Amin. Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar, Program Studi Pendidikan Matematika. PENDIDIKAN EDUTAMA Vol 4 (2017): 61.

Ahmadi, Farid. Desain Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran Daring. Semarang: Qahar Publisher, 2021.

Dewantara, Putu Mas. ICT & Pendekatan Heutagogi Dalam Pembelajaran Abad Ke-21. Yokyakarta: Deepublish, 2021.

Duli, Nikolaus. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Fatirul, Achmad Noor. Desain Blended Learning: Desain Pembelajaran Online Hasil Penelitian. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.

Gilang. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jawa Tengah: Lutfi Gilang, 2020.

Hamzah. No TitleTeori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

IMade Sudarma Adiputra dan Ni Wayan Trisnadewi. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Joshua. Penelitian Terhadap Hubungan Prespsi Gembala Sidang Tentang Hamba Keberhasilan Memimpin Gereja Lokal, n.d.

Karyanto, Budi. Administrasi Guru Dan Kegiatan Belajar Mengajar. Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan: Institut agama islam negeri pekalongan, 2020.

Lestari, Selvy Windy. Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Dalam Masa Pandemi Ditinjau Dari Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan 2. no 3 (2020): 1324.

Luh Devi Herliandry et al. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan 22 no 1 (2020): 6570.

Machali, Imam. The Hand Book of Education Management. Jakarta: Kencana, 2018.

Mandagi, Mieke. Book Chapter Inovasi Pembelajarn Di Pendidikan Tinggi. Yokyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Muvid, Muhamad Basyrul. Eksistensi Perguruan Tinggi Di Era Society 5.0: Peran Dan Tantangan. Surabaya: Global Aksara Pres, 2021.

Ndaru Kukuh Masgumelar, Wasis DjokoDwiyogo, Siti Nurrochmah. Modifikasi Permainan Menggunakan Blended LearningMata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan 4 (2019): 980.

Nugroho, Arif Ganda. Mewujudkan Kemandirian Indonesia Melalui Inovasi Dunia Pendidikan. Cirebon: Insani, 2021.

Rosmala, Amelia. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018.

Santoso, Subhan Adi. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Jawa Timur: Qiara Media, 2019.

Saputra, Guntur Eka. Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia Menghadapi Industri 5.0. Surabaya: CV.Jakad Media Publishing, 2020.

Setyowati, Ambar. Konvergensi. SurakartA: Lembaga ilmu pengetahuan indonesia, 2020.

Subhan Adi. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Jaw timur: Qiara media, 2020.

Wijoyo, Hadion. Blended Learning Suatu Panduan. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2020.

. Monograf Model Pendidikan Upacara Puja Bakti Umum Dan Kematiantradisi Mahayana Berbasis Blended Learning. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Downloads

Published

2023-06-15