EFEKTIVITAS METODE INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
Keywords:
Effectiveness, Interactive Methods, Christian Religious EducationAbstract
The hypothesis in this study is the level of effectiveness of the interactive method in learning Christian religious education in grade 2 at SMP Negeri 4 Alasa Nias Utara. Based on the hypothesis testing conducted, the researchers found that the level of effectiveness of the interactive method in learning Christian religious education in grade 2 of SMP Negeri 4 Alasa Nias Utara for the 2021/2022 academic year is in the good category, namely 67.9%.
References
Afria Susana, Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Aktif (Bandung: Tata Akbar, 2019).
Habibati, Startegi Pembelajaran (Aceh:Syiah kualah university press, 2017), 81.
Suvriadi Panggabean, Konsep Dan Strategi Pembelajaran (Medan:Yayasan Kita Menulis, 2021), 32.
Ilham, Strategi Pembelajaran (Sumatra Barat:PT Global Eksekutif Teknologi, 2022).
Ibadullah Malawi dan Ani Kadarwati, Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu (Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika, 2019), 105.
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&B (Bandung: Alfabetha, 2010)
I Made Sudarma Adiputra dan Niwayan Trisna Dewi, Metodelogi Penelitian Kesehatan (Meda: Yayasan Kita Menulis, 2021), 45.
Roberta, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Media Sains Indonesia, 2021).
Roberta, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Media Sains Indonesia, 2021).
Afria Susana, Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Aktif(Bandung: Tata Akbar, 2019).
Asmidar Parapat, Strategi Untuk Usia Dini (Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020).
Ika Maryani, Pengembangan Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar (Yogyakarta: K- Media, 2016).
Ali Murtadlo and Khusna Widhyahrini, Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah, Quality 7, no. 2 (2019).
Habibati, Strategi Belajar Mengajar (Aceh: Syiah Kuala University Press, 2017).
Rohmalina Wahab, Piskologi Belajar (Jakarta PT Raja Grafindo Persanda, 2016).
Raehang, Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif, Jurnal Al-Tadib 7, no. 1 (2014): 149167, ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249/239.
Ovan, Strategi Pengajaran Matematika (Jakarta:Prenada Media, 2022)
Endang komara, Belajar Dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2014).
Andoyo Supriyanto, Berbagi Untuk Negeri (Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2021)
Handy Ferdiansyah, Pembelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital (Jawa Barat:CV. Adanu Abimata, 2022)
Fransikus Gultom, Strategi Belajar Dalam Pendidikan (Malang: Literasi nusantara abadi, 2021).
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (Jakarta: Raja wali Press, 2014).
Akrim, Buku Ajar Strategi Pembelajaran (Medan: Umsu Press, 2022).
Syaripuddin, Sukses Mengajar Di Abad 21 (Ponorogo: Uwais inpirasi Indonesia, 2019)
Syaripuddin, Sukses Mengajar Di Abad 21 (Ponorogo: Uwais inpirasi Indonesia, 2019)
Akrim, Buku Ajar Strategi Pembelajaran (Medan: Umsu Press, 2022),
Syaripuddin, Sukses Mengajar Di Abad 21 (Ponorogo: Uwais inpirasi Indonesia, 2019), 14.
Hissan Raztiani and Indra Permana, Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2, no. 3 (2019): 433440.
St. Fatimah, Model Pratisipasi Perempuan Dalam Rencana Pembangunan (Jaya Pura:Tohara Media, 2022).
Ahmad Susanto, Konsep Strategi Dan Impelementasi Manajemen Peningkatan Kerja Guru (jakarta:Prenada Media, 2016).
Tabrani Rusyan A., Seri Pembahruan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif (Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2020).
Feby Anggela, Bungan Rampai Urgensi Komunikasi Dalam Ilmu Sosial (Kota Bengkulu : CV sinar jaya berseri, 2023).
Haryanto, Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dengan Two Stay Two Stray (Lombok Tengah: Yayasan Insan Cendekia Indonesia Rays, 2022
Ali Ghufron dkk, Jurus Itu Memahami Teks Berbahasa Bahasa Inggiris (Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2015)
Endang Titik Lestari, Cara Praktis Meningkatakan Motivasi Siswa Sekolah Dasar (Yogyakarta: Cv Budi Utama, 2020),.