KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KOMSEL

Authors

  • eunike julia kiria

Keywords:

Teologi

Abstract

Kepemimpinan transformasional adalah kemampuan seseorang pemimpin dalam bekerja dengan dan/atau melalui orang lain untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya organisasi dalam rangka mencapai tujuan yang bermakna sesuai dengan target capaian yang telah ditetapkan, suatu keadaan dimana para pengikut dari seorang pemimpin transformasional merasa adanya kepercayaan, kekaguman, kesetiaan, dan hormat terhadap pemimpin tersebut dan mereka termotivasi untuk melakukan lebih dari pada yang awalnya diharapkan mereka, pemimpin yang berfokus pada pencapaian perubahan nilai-nilai kepercayaan, sikap, perilaku, emosional, dan kebutuhan bawahan menuju perubahan yang lebih baik di masa depan, pemimpin transformasional adalah pemimpin yang menginspirasi para pengikutnya untuk menyampingkan kepentingan pribadi mereka demi kebaikan organisasi dan mampu memiliki pengaruh yang luar biasa pada diri para pengikutnya, adalah proses memotivasi, memobilisasi, memperlengkapi, dan mengarahkan orang untuk mengejar visi dari Tuhan yang diyakini bersama oleh suatu kelompok dengan penuh gairah dan terencana, memberdayakan para pengikutnya untuk berkinerja secara efektif dengan membangun komitmen terhadap nilai-nilai baru, mengembangkan keterampilan dan kepercayaan, menciptakan iklim yang kondusif bagi berkembangnya inovasi dan kreativitas.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif , di mana pengumpulan data akan di lakukan dengan kuesioner atau angket. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert, dengan rentang skor 1 sampai 5. Penelitian ini merupakan penelitian sampel.

Hasil dari penelitian ini adalah penerapan kepemimpinan transformasional di Komsel Fellas Youth Gereja Beth-El Tabernakel Kristus Alfa Omega Gajah Mada Semarang adalah sangat baik yang berada pada prosentase 86,6% atau berada dalam kategori sangat tinggi atau maksimal.

References

Barna, George. Leaders on Leadership. Malang: Gandum Mas, 2007.

Bloomer, George. Penyalahgunaan Otoritas Rohani. Jakarta: Metanoia Publishing, 2004.

Danim, Sudarwan. Motivasi Kepemimpinan Dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Darmaputera, Eka. Kepemimpinan Dalam Perspektif Alkitab. Yogyakarta: Kairos, 2005.

Gidion. Developing Healthy Churches. Semarang: KAO Press, 2017.

. Metode Penelitian. Semarang: KAO Press, 2015.

. Research Methodology. Semarang: KAO Press, 2018.

Raihani. Kepemimpinan Sekolah Transformatif. Yogyakarta: PT.LKS Printing Cemerlang, 2010.

Rees, Erik. Seven Principles of Transformational Leadership: Creating A Synergy of Energy. Online: cicministry.org, 2001.

Robbins dan Judge. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Selvester, Tacoy. Kunci Sukses Melayani Kaum Muda. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Setiawan, Obaja Tanto. Kelompok Sel Prinsip 12. Jakarta: Media GBI Kerajaan Allah, 2000.

Sukmadinata dan Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Susilo, David Priyo. Kepemimpinan Kristen, n.d.

Triantoro, Safaria. Kepemimpinan Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2004.

Wiwcharuck, Peter. Building Effective Leadership. Alberta: International Christian Leadership Development Foundation, 1988.

Yukl dan Gary. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Indeks, 2010.

Downloads

Published

2019-12-04