Manajemen Waktu Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Kristus Alfa Omega Semarang

Authors

  • trifena septiyana barasa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega

Keywords:

Manajemen Waktu, Kedisiplinan

Abstract

Manajemen waktu merupakan ilmu mengelola waktu agar berjalan secara efektif, efisien, dan produktif sehingga dapat mencapai target yang ditetapkan. Kedisiplinan  adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai tanggung jawab, ketaatan, kepatuhan, keteraturan, ketertiban, serta sikap dan perilaku yang baik.

Sehubungan dengan masalah manajemen waktu mahasiswa, peneliti mengobservasi secara keseluruhan mahasiswa ternyata masih terdapat mahasiswa yang kurang memiliki manajemen waktu yang baik dan sehubungan  mengenai masalah kedisplinan di atas peneliti mengobservasi masih terdapat mahasiswa yang belum memiliki kedisiplinan di Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu :

  1. Untuk mengetahui tingkat manajemen waktu  mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.
  2. Untuk mengetahui tingkat kedisiplinan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.
  3. Untuk mengetahui besarnya Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Kedisiplinan Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang Tahun Ajaran 2018/2019.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional, di mana pengumpulan data akan di lakukan dengan kuesioner atau angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala Likert, dengan rentang skor 1 sampai 5. Penelitian ini merupakan penelitian sampel.

Hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang tahun ajaran 2018/2019 memiliki manajemen waktu sebesar  65,06-70,77 atau berada dalam kategori sedang.Tingkat kedisiplinan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang Tahun ajaran 2018/2019  memiliki nilai sebesar 75,73-81,45 atau berada dalam kategori tinggi dan terdapat pengaruh yang kuat antara manajemen waktu terhadap kedisiplinan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Kristus Alfa Omega Semarang tahun ajaran 2018/2019 adalah sebesar 0,635atau 6,35%

 

References

Ametembun, N.A. Manajemen Kelas. Bandung: FKIP IKIP Bandung The Liang Gie, 1999.

Atkinson, Phillip E. Manajemen Waktu Yang Efektif. Jakarta: Binarupa Aksara, 1991.

Bhavati, Anugerah. Teknik Manajemen Waktu Berdasarkan Skala Prioritas. Jakarta: Adm. Perkantoran, 2014.

Covey, R. The 7 Habits of Highly Effective People. New York: Free Press, n.d.

D. Gunarsa, Y Singgih dan Singgih D. Gunarsa. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: Gunung Mulia, 1982.

GIDION, Gidion. EFEKTIFITAS KEPEMIMPINAN YANG MEMBERDAYAKAN DALAM MENINGKATKAN PERTUMBUHAN GEREJA DI GEREJA JEMAAT KRISTEN INDONESIA MARANATHA UNGARAN. Shift Key: Jurnal Teologi dan Pelayanan, 2018, 8.1.

H.L, Taylor. Manajemen Waktu: Suatu Pedoman Pengelolaan Waktu Yang Efektif Dan Produktif. Jakarta: Binarupa Aksara, 1990.

Harvad. Business School Publishing Corporation, Pocket Mentor Managing Time. Jakarta: Erlangga, 2007.

Hoetomo. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Mitra Pelajar, 2005.

Hotman, Ismail. Menangani Disiplin Di Sekolah. “t, k”: Utusan Publications, 2006.

Hutabarat, E.P. Cara Belajar Mengatur Waktu Mahasiswa. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1988.

Ibrahim dan Nana Syaodih. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Indrafachrudin, Soekarto. Manajemen Dan Organisasi Sekolah. Malang: IKIP Malang, 1993.

Leboeuf, Michael. Working Smart. Jakarta: Tangga Pustaka, 2010.

Nasional, Lembaga Ketahanan. Disiplin Nasional. Jakarta: PT. Balai Pustaka-Lemhannas, 1997.

Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1990.

Octavianus, P. Manajemen Dan Kepemimpinan Menurut Wahyu Allah. Malang: Gandum Mas, 1986.

Prijodarminto, Soegeng. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Abadi, 2004.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Sani, Abdullah. Mengurus Disiplin Belajar. “t.k”: PTS Profesional, 2005.

Schaefer, Charles. Teaching in the Middle and Secondary School. New York: Macmillan Publishing, 1982.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia, 1997.

Spillane, James J. Pedoman Praktis Pengelolaan Waktu. Yogyakarta: Kanisius, 2008.

Suharli, Michel. Habit: Delapan Kebiasaan Yang Mengubah Nasib Anda. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Sumanto. Pembahasan Terpadu Statistika Dan Metodologi Riset. Yogyakarta: Andi, 2002.

Toto Syatori Nasehudin & Nanang Gozali. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Tracy, Brian. Maximum Achievement: Kumpulan Rahasia Kesuksesan Yang Tak Lekang Oleh Zaman. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Tu’u. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.

Unarto, Erich. Hidup Dalam Etika Kristen. Jakarta: Pustaka Sorgawi, 2010.

Wuryanano. 21 Prinsip Dalam Memperoleh ”Daya Juang” Anda, Dan Memenangi Apa Pun Di Setiap Bidang Kehidupan Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, n.d.

Published

2020-06-18