ANALISIS EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MATA PELAJARAN GURUAN AGAMA KRISTEN
Keywords:
Learning strategies, increasing thinking skills, Christian Religious Education.Abstract
Berdasarkan permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran Guruan Agama Kristen? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian satu variabel, jumlah responden sebanyak 66 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung Skor Empiris: Skor Ideal x 100%. Penulis menemukan bahwa hipotesis yaitu tingkat strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa PAK berada pada kategori sangat baik pada tabel persentase interpretasi deskriptif yaitu 92%.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir, Pendidikan Agama Kristen
Abstract
Based on the problems above, the formulation of the problem in the research is the purpose of this research, namely: How big is the level of Learning Strategies for Increasing Students' Thinking Ability in PAK Subjects? In this study, researchers used quantitative methods with descriptive research types. This research is a onevariable research, the number of respondents is 66 students. This data collection is done by using a questionnaire or questionnaire. Hypothesis testing is done by calculating the Empirical Score: Ideal Score x 100%. The writer found that the hypothesis, namely the level of learning strategies to increase the thinking ability of PAK students, was in the very good category in the descriptive percentage interpretation table, namely 92%.
Key Word: Learning strategies, increasing thinking skills, Christian Religious Education
References
Amrudin. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia, n.d.
Anita Purba. Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2022.
Awalludin. Pengantar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tingg. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV. Budi Utama, 2017.
Darmawan, Ericka. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Penerbit Pustaka Rumah C1nta, 2021.
Hendry Guntur Tarigan. Strategi Pengajaran Dan Pembelajaran. Bandung: Angkasa, 1993.
Huda, Laila Etika Rahmawati dan Miftakul. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2022.
Lismaya, Lili. Berpikir Kritsi & PBL. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.
Mudlofir, Ali. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori Ke Praktis. Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2021.
Putu Ade Andre Padadnya, Made Dharma Atmaja. Implementasi Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Group Penerbitan Cv. Budi Utama, 2020.
Ricu Sidiq dan Najuah. Strategi Belajar Mengajar Sejarah Menjadi Guru Sukses. Yayasan Kita Menulis, 2019.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pusat Utama, 2008.