METODE DRILL PEMBELAJARAN KEYBOARD PADA ANAK-ANAK DI GBI LANGENSARI WONOLOPO MIJEN SEMARANG

Authors

  • Nanggoro Nanggoro STT Kristus Alfa Omega
  • yunatan Krisno Utomo
  • Christanto Hadijaya STT Kristus Alfa Omega

Keywords:

Keywords, Drill method, keyboard instrument, GBI Langensari.

Abstract

Pendidikan adalah proses mengembangkan potensi siswa menjadi kompetensi. Kurangnya pelatih musik dan pemahaman materi musik menjadi hambatan dalam pembelajaran musik di gereja. Penelitian ini membahas metode dril dalam pembelajaran kibor untuk anak-anak di GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode dril dalam pembelajaran kibor bagi anak-anak di GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang dan untuk mengetahui bagaimana hasil latihan kibor yang dilakukan dengan metode pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan, mereduksi data, kemudian menafsirkan data untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode dril dalam pembelajaran kibor untuk anak-anak GBI Langensari dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan bermusik. Proses pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang, untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Hasil akhir pembelajaran kibor yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan keterampilan. Pembelajaran ini juga berimplikasi pada peningkatan pemahaman teori musik dan teori bermain kibor pada anak-anak.

 

Abstract

Education is a process to develop students' potential into competence. Lack of music trainers and understanding of music material is an obstacle in learning music at the church. This research discusses the drill method in learning keyboards for children at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang. The purpose of this study was to determine the application of the drill method in learning keyboards for children at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang and to find out how the results of practicing keyboard practice were carried out using learning methods at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang.This research was conducted using qualitative research methods. Data collection was carried out through observation, interviews and document study. Data analysis was carried out by classifying, reducing data, then interpreting the data to obtain conclusions.The results of this study indicate that the application of the drill method in keyboard learning for GBI Langensari children can improve musical understanding and skills. The learning process is carried out repeatedly, to get the expected results. The end result of learning the keyboard that has been done shows an increase in skills. This learning also has implications for increasing understanding of music theory and keyboard playing theory in children

References

DAFTAR PUSTAKA

Boy, David. Teknik Maut Jago Main Keyboard. Jakarta: Laskar Aksara, 2014.

Hakim, Thursan. Teknik Tercepat Bermain Keyboard. Jakarta Selatan: Past Kawan Pustaka, 2007.

Hamidah, Mucshin Nur. Cara Termudah Menjadi Anak Band Ortodidak Tanpa Guru. Tanggerang Selatan, 2013.

Hendro. Cara Praktis Berimprovisasi Pada Keyboard. Jakarta, 2014.

. Jago Bermain Keyboard Dari Nol. Jakarta Selatan: Lingkua Kata, 2011.

Huasin, Hadad Aldi. Jurus Rahasia Menguasai Keyboard Tanpa Guru. Jakarta, 2009.

Husain, Aldi. Juru Rahasia Menguasai Bermain Keyboard. Jakarta: PT Palapa, 2014.

. Juru Rahasia Menguasai Bermain Keyboard. Jakarta: PT Palapa, 2014.

Huasin, Hadad Aldi. Jurus Rahasia Menguasai Keyboard Tanpa Guru. Jakarta 2009, 7,

Hamidah, Muchin Nur. Cara Termudah Menjadi Anak Band Ortodidak Tanpa Guru. Tanggerang Selatan: Ciputat, 2013, 7.

Julia, J. Book Pendidikan Musik: Permasalahan Dan Pembelajarannya. Edited by UPI.

Sumedang, 2014.

Kidjing, Jenark. Mahir Bermain Keyboard. Yogyakarta: Genesis Learning, 2016.

Nasution, Raisah Armayanti. Pembelajaran Seni Musik Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Medan Estate, 2016.

Priyanto, Sugeng Utuh. Pendidikan Musik Untuk Anak Usia Dini 2 (2023): 42.

Putri, Indah Kumara. Ayo Mahir Berceramah Untuk SMA/MA. 110. Guepidea, 2020.

Rohadi, Muhammad. Book Latihan Metode Drill Foot Position, Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Atlet Tenis Pemula. Banyumas: Zahria Media Publisher Jawa Tengah, 2021.

Santoso, Daniel Arif. Cara Mudah Bermain Keyboard. Yogyakarta: ANDI Offset, 2006.

Sudibyo, Priatmo. Teknik Praktis Bermain Organ Keyboard Tunggal. Jakarta: PT Palapa, 2014.

Widayanti, Dwi. Jurnal Pendidikan Konvergensi. Surakarta: Danukusuman, 2019.

Widjanarko, Paulus. Buku Ajar Seni Musik. Surakarta, 2023.

Wijayanto, Ahmad. Mahir Bermain Keyboard. Yogyakarta, 2016.

Yuni, Qonita Fitra. Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual 4 (2016): 72.

Yuniar, Prenika. Sejarah Musik Sebagai Dasar Pengetahuan Dalam Pembelajaran Teori Musik 3 (2022): 445.

Yuwono, Prati Hari. Pengembangan Intelegensi Musikal Siswa Melalui Pembelajaran Musik Di Sekolah, 2016, 8

Downloads

Published

2024-12-20