METODE DRILL PEMBELAJARAN KEYBOARD PADA ANAK-ANAK DI GBI LANGENSARI WONOLOPO MIJEN SEMARANG
Keywords:
Keywords, Drill method, keyboard instrument, GBI Langensari.Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi kompetensi. Kurangnya pelatih musik dan pemahaman terhadap materi musik menjadi kendala dalam pembelajaran musik di gereja. Penelitian ini membahas tentang metode drill dalam pembelajaran keyboard bagi anak-anak di GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode drill dalam pembelajaran keyboard bagi anak-anak di GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang, dan untuk mengetahui bagaimana hasil latihan keyboard yang dilakukan dengan menggunakan metode drill pembelajaran di GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasi, mereduksi data, kemudian menginterpretasikan data untuk memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode drill dalam pembelajaran keyboard bagi anak-anak GBI Langensari dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan bermusik. Proses pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang, untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
Kata kunci: Metode Drill, Instrumen Keyboard,
Abstract
Education is a process to develop students' potential into competence. Lack of music trainers and understanding of music material is an obstacle in learning music at the church. This research discusses the drill method in learning keyboards for children at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang. The purpose of this study was to determine the application of the drill method in learning keyboards for children at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang and to find out how the results of practicing keyboard practice were carried out using learning methods at GBI Langensari Wonolopo Mijen Semarang.This research was conducted using qualitative research methods. Data collection was carried out through observation, interviews and document study. Data analysis was carried out by classifying, reducing data, then interpreting the data to obtain conclusions.The results of this study indicate that the application of the drill method in keyboard learning for GBI Langensari children can improve musical understanding and skills. The learning process is carried out repeatedly, to get the expected results.
Keywords: Drill method, Keyboard Instrument,
References
DAFTAR PUSTAKA
Boy, David. Teknik Maut Jago Main Keyboard. Jakarta: Laskar Aksara, 2014.
Hakim, Thursan. Teknik Tercepat Bermain Keyboard. Jakarta Selatan: Past Kawan Pustaka, 2007.
Hamidah, Mucshin Nur. Cara Termudah Menjadi Anak Band Ortodidak Tanpa Guru. Tanggerang Selatan, 2013.
Hendro. Cara Praktis Berimprovisasi Pada Keyboard. Jakarta, 2014.
. Jago Bermain Keyboard Dari Nol. Jakarta Selatan: Lingkua Kata, 2011.
Huasin, Hadad Aldi. Jurus Rahasia Menguasai Keyboard Tanpa Guru. Jakarta, 2009.
Husain, Aldi. Juru Rahasia Menguasai Bermain Keyboard. Jakarta: PT Palapa, 2014.
. Juru Rahasia Menguasai Bermain Keyboard. Jakarta: PT Palapa, 2014.
Huasin, Hadad Aldi. Jurus Rahasia Menguasai Keyboard Tanpa Guru. Jakarta 2009, 7,
Hamidah, Muchin Nur. Cara Termudah Menjadi Anak Band Ortodidak Tanpa Guru. Tanggerang Selatan: Ciputat, 2013, 7.
Julia, J. Book Pendidikan Musik: Permasalahan Dan Pembelajarannya. Edited by UPI.
Sumedang, 2014.
Kidjing, Jenark. Mahir Bermain Keyboard. Yogyakarta: Genesis Learning, 2016.
Nasution, Raisah Armayanti. Pembelajaran Seni Musik Bagi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Medan Estate, 2016.
Priyanto, Sugeng Utuh. Pendidikan Musik Untuk Anak Usia Dini 2 (2023): 42.
Putri, Indah Kumara. Ayo Mahir Berceramah Untuk SMA/MA. 110. Guepidea, 2020.
Rohadi, Muhammad. Book Latihan Metode Drill Foot Position, Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Atlet Tenis Pemula. Banyumas: Zahria Media Publisher Jawa Tengah, 2021.
Santoso, Daniel Arif. Cara Mudah Bermain Keyboard. Yogyakarta: ANDI Offset, 2006.
Sudibyo, Priatmo. Teknik Praktis Bermain Organ Keyboard Tunggal. Jakarta: PT Palapa, 2014.
Widayanti, Dwi. Jurnal Pendidikan Konvergensi. Surakarta: Danukusuman, 2019.
Widjanarko, Paulus. Buku Ajar Seni Musik. Surakarta, 2023.
Wijayanto, Ahmad. Mahir Bermain Keyboard. Yogyakarta, 2016.
Yuni, Qonita Fitra. Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual 4 (2016): 72.
Yuniar, Prenika. Sejarah Musik Sebagai Dasar Pengetahuan Dalam Pembelajaran Teori Musik 3 (2022): 445.
Yuwono, Prati Hari. Pengembangan Intelegensi Musikal Siswa Melalui Pembelajaran Musik Di Sekolah, 2016, 8