RANCANGAN KURIKULUM “YESUS SAHABATKU DAN TERANGKU” UNTUK SEKOLAH MINGGU KELAS KECIL
Abstract
Kurikulum kelas kecil merupakan rencana belajar yang diterapkan bagi anak-anak Sekolah Minggu usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang kurikulum tematik dengan pendekatan "Yesus Sahabatku dan Terangku", guna mengembangkan kepekaan rohani dan karakter Kristiani sejak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang kurikulum kelas kecil yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan anak-anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi partisipatif. Hasil dari penelitian ini berupa rancangan kurikulum tematik dengan pendekatan relasional dan naratif yang menekankan nilai persahabatan dengan Yesus dan menjadi terang di tengah dunia. Rancangan kurikulum yang telah dihasilkan diharapkan dapat diterapkan secara praktis dan efektif dalam proses pembelajaran Sekolah Minggu kelas kecil.
Abstract
The small class curriculum is a learning plan implemented for early childhood Sunday School students. This study aims to design a thematic curriculum using the approach “Jesus, My Friend and My Light,” in order to develop spiritual sensitivity and Christian character from an early age. The research problem addressed in this study is how to design an effective curriculum for small classes that meets the developmental needs of young children. The method used in this research includes literature review and participatory observation. The result of the study is a thematic curriculum design that adopts a relational and narrative approach, emphasizing the values of friendship with Jesus and being a light in the world. This curriculum is expected to be applied practically and effectively in the teaching and learning process of small class Sunday School.