ANALISIS DIDAKTIK PENGGUNAAN GADGET DAN RELEVANSINYA PADA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN APPRECIATIVE INQUIRY
DOI:
https://doi.org/10.37465/shiftkey.v14i2.473Abstract
Abstrak
Penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Namun, masih banyak sekolah yang belum optimal dalam mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan teknologi, dan kurangnya dukungan dari pihak sekolah dan orang tua Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gadget dan relevansinya pada motif belajar siswa Siswa di SMP Negeri 3 Makassar dengan pendekatan Appreciative Inquiry. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yaitu metode penelitian yang berfokus pada pengalaman subjektif individu atau kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dalam pembelajaran menjadi daya Tarik tersendiri yang membangkitkan antusiasme siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Pendekatan pembelajaran berupaya mempromosikan pemahaman yang mendalam. penggunaan gadget di UPT SPF SMP 3 Makassar membawa dampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Selain menjadikan siswa lebih tahu, penggunaan gadget juga memberikan dampak sosial kepada siswa, dengan mengakses internet siswa dapat terlebih dahulu mengetahui masalah yang terjadi dan memberikan partisipasi dalam bentuk dukungan. Kehadiran gadget membuat siswa lebih berwawasan, hasil belajar siswa meningkat dengan baik sesudah menggunakan gadget. Prestasi yang diraih oleh siswa bukan hanya prestasi akademik melainkan banyak prestasi yang diperoleh misalnya, siswa menggunakan alat teknologi untuk menghasilkan uang lewat media sosial.
Abstract
The use of technology in the teaching and learning process can increase the effectiveness and efficiency of learning. However, there are still many schools that are not optimal in integrating technology in the teaching and learning process. This is due to several factors, such as limited infrastructure, lack of teachers' ability to use technology, and lack of support from schools and parents This study aims to analyze the use of gadgets and their relevance to the learning motives of students at SMP Negeri 3 Makassar with an Appreciative Inquiry approach. The research method used in this study is a qualitative method with a phenomenological approach, which is a research method that focuses on the subjective experience of individuals or groups. The results of the study show that the use of gadgets in learning is a special attraction that breaks the enthusiasm of students in participating in the teaching and learning process. The learning approach seeks to promote deep understanding. The use of gadgets at UPT SPF SMP 3 Makassar has a positive impact on student learning achievement. In addition to making students more knowledgeable, the use of gadgets also has a social impact on students, by accessing the internet students can first know the problems that occur and provide participation in the form of support. The presence of gadgets makes students more insightful, student learning outcomes improve well after using gadgets. The achievements achieved by students are not only academic achievements but many achievements obtained, for example, students use technological tools to make money through social media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 P3M STT KAO

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.