PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA ALKITAB

Authors

  • Dwiati Yulianingsih Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu
  • Samuel Mangaranap Siahaan Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

DOI:

https://doi.org/10.37465/shiftkey.v15i1.520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengatasi kesulitan membaca khususnya saat membaca Alkitab karena siswa belum menguasai kemampuan membaca dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi, dan wawancara kepada guru Pendidikan Agama Kristen dan kepala Sekolah SD Swasta Melbourne Deli Serdang. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Kristen berperan dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SD yang mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Kristen yang berjumlah empat orang siswa tersebut, yaitu dua siswa mampu membaca secara pelan-pelan, satu siswa membaca lancar kalimat sederhana serta satu siswa masih mengeja, dari kondisi awal yang tidak bisa membaca sama sekali.  Dengan kemampuan membaca dasar, empat siswa tersebut mulai bisa membaca Alkitab.

 

Abstract

This study aims to describe the role of Christian Education teachers in overcoming reading difficulties, especially when reading the Bible because students have not mastered basic reading skills. The methodology used in this study is descriptive qualitative with research data collection techniques using tests, observations, and interviews with Christian Education teachers and the principal of Melbourne Deli Serdang Private Elementary School. The results of this study indicate that Christian Education teachers play a role in overcoming reading difficulties of grade II elementary school students who take Christian Education lesson, totaling four students, namely two students are able to read slowly, one student reads simple sentences fluently and one student is still spelling, from an initial condition of not being able to read at all. With basic reading skills, the four students began to be able to read the Bible.

Downloads

Published

2025-06-10