MERELEVANSIKAN PENGAJARAN ALKITAB BERBASIS BLENDED LEARNING DI ERA DIGITAL
Keywords:
Bible study, Blended learning, digital media, sikola wangadro , Penelaahan Alkitab, media digitalAbstract
Abstrak
Pengajaran Alkitab yang hanya mengandalkan metode tradisional mengalami kesulitan karena dihadapkan
pada kebutuhan jamaah dalam konteks era digital. Pengajaran Alkitab yang hanya fokus pada media digital
mempunyai kelemahan dalam membangun hubungan antar jemaat. Dengan demikian, kedua metode ini dapat digabungkan menjadi satu dan disebut blended learning. Artikel ini menyajikan pengajaran Alkitab dengan metode blended learning yaitu gabungan antara sikola wangandro (istilah pertemuan doa dengan unsur didaktik dalam bahasa Nias) dan penggunaan media teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur dan membuahkan hasil, diantaranya pengajaran Alkitab tradisional dapat dipertahankan dan dipadukan dengan persekutuan online menggunakan media digital
Abstract
Bible teaching that only relies on traditional methods experiences difficulties because it is confronted with the
needs of the congregation in the context of the digital era. Bible teaching that only focuses on digital media
has weaknesses in building chemistry between congregations. Thus, these two methods can be combined into
one and called blended learning. This article presents Bible teaching using the blended learning method,
namely a combination of sikola wangandro (a term for prayer meeting with didactic elements in the Nias
language) and the use of technological media. The research method used is a literature review and has some
results for instances traditional Bible teaching can be maintained and combined with online fellowship using
digital media.
References
Ariefin, Dwi. Media Pembelajaran Teknologis. Semarang: Lentera Hikmat, 2018.
Ayu, Nelsa Putri, Universitas Islam, Negeri Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta. “EDUKATIF : JURNAL
ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Metode Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi
dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar” 3, no. 5 (2021): 1993–2000.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. BPK
Gunung Mulia, 2011.
Canada, David. Spiritual Leadership. Malang: Gandum Mas, 2015.
Covid, Teknologi dan. “Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan” 2, no. 1 (2021).
Daleno, Alfrets. “Pemahaman Metode Mengajar Cerita Alkitab dengan Nyanyian terhadap
Keberhasilan Guru Sekolah Minggu di GMIM Kota Manado.” Apolonius: Jurnal Teologi
dan Pendidikan Kristen 1 (n.d.): 62–73.
Easum, Bill, dan John Atkinson. 11 Langkah meledakkan kelompok sel. Malang: Gandum Mas, 2016.
Gurning, Elda Dame Suswati. “Pengaruh Ibadah dan Pendalaman Alkitab terhadap Pertumbuhan
Kerohanian Kaum Wanita di Persekutuan Ibu Maria YPDPA Sumatera Utara” 2, no. 1
(2021): 52–63.
Hannawita, Erina, Br Sembiring, dan Tanti Listiani. “Guru Kristen Profesional di Era Digital : Sebuah
Kajian Filsafat Berdasarkan Wawasan Kristen Alkitabiah” 3, no. Oktober (2023): 124–40.
Hasel, Gerhard F. Teologi Perjanjian Lama. Malang: Gandum Mas, 2021.
Idris, Husni. “Pendahuluan Pembelajaran berbasis blended learning dimulai sejak ditemukan
komputer , walaupun sebelum itu juga sudah terjadi adanya kombinasi ( blended ).
Terjadinya pembelajaran awalnya karena adanya tatap muka dan interaksi antara pengajar
dan pebelaja” 5, no. 1 (2011): 61–73.
Lie, Paulus. Mereformasi Gereja. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2014.
Lusiawati, Ira. “Pengembangan Otak dan Optimalisasi Sumber Daya Manusia” 11, no. 2 (2017): 162–
Mendrofa, Eriyani, Eko Wahyu Suryaningsih, dan Chang Young Min. “Digital Sin : A Theological
Review of Human Sins through Audio- Visual in Digital Realm” 7868, no. July (2023).
Mendrofa, Eriyani, Sekolah Tinggi, dan Teologi Kanaan. “Model Pengajaran Alkitab dalam
Pendidikan Kristen di Era Digital.” didaktikos 4, no. 2 (2021): 115–23.
Okra, Riri, dan Yulia Overa. “Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3
Kecamatan Pangkalan.” Jurnal Edukatif, 2019.
Pencerahan, Jurnal, dan Majelis Pendidikan Aceh. “Efektifitas Blended Learning Dalam Proses
Pembelajaran Nurul Hidayah” 14, no. 1 (2020): 1–15.
Purba, Eduward, dan Maria Magdalena. “Redefinisi Ibadah pada Masa Pandemi Covid-19" 4, no. 1
(2021): 36–46. https://doi.org/10.1177/2396939320967665.11.
Ritonga, Nova. “Teologi sebagai Landasan bagi Gereja untuk mengembangkan Pendidikan Agama
Kristen.” Shanan, 2020.
Ronda, Daniel. “Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Teknologi.” Evangelikal: Jurnal Teologi
Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (2019): 1.
https://doi.org/10.46445/ejti.v3i1.125.
Santosa, Nur Budi. “Peran Roh Kudus dalam pelaksanaan pendidikan Kristen.” Jurnal Antusias 2, no.
(2012): 105–18.
Sari, Indra Kartika. “Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar” 5, no. 4 (2021): 2156–63.
Shanan, Jurnal, Erwin Sudarmono Simanjuntak, Josep Tatang, Desi Sianipar, Sozanolo Telaumbanua,
Esti Regina Boiliu, Teologi Sekolah, dan Tinggi Teologi. “Strategi Penguatan Integritas
Akademik dalam Pendidikan Kristen di Era Digital” 7, no. 2 (2023): 283–300.
https://doi.org/10.33541/shanan.v7i2.5315.
Siby, Leonardus Rudolf. “Prinsip Alkitab tentang Pendidikan.” In Pendidikan Kristen Ideal di Era
Digital Konteks Sekolah. Palembang: Interactive Literacy Digital, 2022.
Susanta, Yohanes Krismantyo. “Gereja Sebagai Persekutuan Persahabatan Yang Terbuka Menurut
Jürgen Moltmann” 2, no. 1 (2020): 105–26.
Tabbu, Muhammad Ansarullah S, Ahmad Miftahurrahman Anwar, Kristian Unga, Ahmad Faris, Al
Faruq, dan Andi Nurwahida. “Pengembangan Metode Blended Learning Sebagai Alternatif
Pembelajaran Di Masa New Normal” 01 (2023): 37–46.
Telaumbanua, Tuhoni. “Kaum Milenial dan Kebudayaan Nias: Di Persimpangan Jalan,” 2019, 1–16.
Telaumbanua, Tuhoni, dan Uwe Hummel. Salib dan Adu. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Yusup, Muhamad. “Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi
Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi.” tecnomedia journal, 2020.
Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.”
Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat, 2020.