PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM KELUARGA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH
Keywords:
Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga, Pembentukan Karakter , Disiplin, Christian religious education in the family, character formation, disciplineAbstract
Abstrak
Pendidikan tidak hanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan saja, namun juga harus mencakup aspek sikap,
perilaku, budi pekerti dan kedisiplinan agar anak menjadi taat, berilmu dan berakhlak mulia. Oleh karena itu,
tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan agama Kristen dan
pembentukan karakter untuk membangun kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kuantitatif. Hasil yang diperoleh memberikan dampak yang sangat positif bagi keluarga dan sekolah, hadirnya
pendidikan agama Kristen yang baik dari keluarga dan pembentukan karakter memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan anak di sekolah.
Abstract
Education is not only related to science, but must also include aspects of attitude, behavior, character and
discipline so that children become obedient, knowledgeable and have noble character. Therefore, the purpose of this writing is to find out how Christian religious education and character formation influence student discipline. This research uses quantitative descriptive methods. The results obtained have a very positive impact on families and schools, the presence of good Christian religious education from families and character formation has an influence on children's discipline at school.
References
Admadja, Hadinoto, eta Nieke Kristiana. Dialog dan Edukasi, Keluarga Kristen Dalam Masyarakat
Indonesia. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2000.
Ahmad Amin. Etika (Ilmu Akhlak). jakarta: Bulan Bintang, Cetakan VIIII, 1995.
Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Komunikasi Orang tua & anak dalam keluarga. jakarta: PT. Reneka
Cipta, 2004.
Hariyanto, M. Samani. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Helmawati. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.
Jalaludin. Psikologi Agama. jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Lickona, Thomas. Educating for Character : How Our School Canteach Respect and Responsibility.
New York, Toronto, London, Sydney: Bantam Book, 1991.
Nahlawi Ahid. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Naim, Ngainum. Optimalisasi Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan
Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
R. Semiawan Conny. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan sekolah Dasar. jakarta: PT Index,
R.W, Crapps. Perkembangan Kepribadian dan Keagamaan. Yogyakarta: Kanisius, 1994.
RI, Undang-Undang SISDIKNAS UU. «Undang-Undang SISDIKNAS Bab 1 ayat 1 Nomor 20 Tahun2003». Jakarta, 2003.
———. «Undang-Undang SISDIKNAS Bab 2 Ayat 3 Tahun 2003». jakarta, 2003.
Salahudin, Anas, eta Alkrienciehie. Pendidikan Karakter. Bandung: CV Pustaka setia, 2013.
Sugiyono. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2007.
Susilo, D P, J Jon, D F Manik, E Rombe, eta ... «Pentingnya Pendidikan Rohani bagi Anak dalam
Keluarga di Era Disruptif». … : Jurnal Pendidikan … 7 (2022): 120–136.