MEMIKIRKAN ULANG STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU PASCAPANDEMI
Keywords:
Reassessment, Learning Strategies, Sunday School, Post-pandemic, strategi pembelajaran , sekolah minggu, pascapandemiAbstract
Abstrak
Peralihan ke pembelajaran daring yang disebabkan oleh pandemi telah menghadirkan banyak tantangan dan
peluang baik bagi pelajar maupun guru Sekolah Minggu. Guru perlu menilai kembali dan mengidentifikasi
strategi pembelajaran yang tepat untuk mengurangi dampak pembelajaran jarak jauh. Melalui analisis
menyeluruh terhadap literatur yang ada, penelitian ini memberikan serangkaian strategi pembelajaran efektif
yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan dan memastikan pembelajaran terfokus dan bermanfaat. Penelitian ini mengusulkan strategi ekspositori, strategi pemecahan masalah dan strategi
kooperatif untuk meningkatkan semangat, imajinasi, memori, keterampilan sosial seperti empati dan
solidaritas, serta menghindari dampak negatif gadget.
Abstract
The pandemic-induced shift to online learning has presented numerous challenges and opportunities for both
Sunday school learners and teachers. Teachers need to reassess and identify appropriate learning strategies
to mitigate the effects of distance learning. Through a thorough analysis of existing literature, this research
provides a range of effective learning strategies that can be utilised to address various issues and ensure
focused and fruitful learning. This research proposes expository strategies, problem solving strategies and
cooperative strategies to increase enthusiasm, imagination, memory, social skills such as empathy and
solidarity, and avoid the negative impacts of gadgets.
References
Abdullah, R. S. Pembelajaran Berbasis Higher Order Thingking Skill, Tira Smart. Tanggerang: Tima
Smart, 2019.
Anggraeni, Novita Eka. «Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Agar
Tercapainya Tujuan Pendidikan Di Era Globalisasi». ScienceEdu II, no. 1 June (2019): 72,
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/11796/6883. II (2019).
https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/11796/6883.
Anthony Michael J. Fondasi Pendidikan Kristen Abad 21. Jakarta: Penerbit Gandum Mas, 2017.
Chalish, M. Strategi pembelajaran Berbasis kompetensi. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Choi, Chi Hyun, John Tampil Purba, Niko Sudibjo, eta Rudy Pramono. «Dampak Pandemi Covid-19
Terhadap Manajemen Sekolah Minggu Korea Di Indonesia Untuk Pengintegrasian
Pembelajaran Iman [the Impact of the Covid-19 Pandemic on the Management of Faith-Learning Integration of Korean Sunday School in Indonesia]». JOHME: Journal of Holistic
Mathematics Education 5, no. 1 (2021): 61.
Christianti, Martha. «Pendidik Sekolah Minggu». Pembekalan Guru Sekolah Minggu, no. 19 (2008):
–12. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/martha-christianti-mpd/pembinaan-guru-guru-sekolah-minggu.pdf (20 Juli 2013).
Dowling, Dave. Problem solving and decision making. Fire Engineers Journal. Libk. 59. Jakarta:
Business Growth, 1999.
Elizabeth B. Hurlock. Psikologi Perkembangan. 5. arg. Jakarta: Penerbit Erlangga, 1980.
Gani, Abdul. «Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap
Pembelajaran Ski Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah». Jurnal Pendidikan Guru 3, no. 1
(2021): 1–14.
Harmuni. Strategi Pengajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2012.
Hulda Miftahul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusaka Pelajar, 2003.
Iqbal, Hasan. Pokok-pokok Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia, 2002.
Ismail Andar. Ajarlah Mereka Melakukan. Cet. 12. Jakarta: Gunung Mulia, 2019.
Kusuma, Wening Sekar, eta Panggung Sutapa. «Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku
Sosial Emosional Anak». Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020):
–1643.
Leo, Susanto. Kiat Sukses Mengelola dan Mengajar Sekolah Minggu. Yogyakarta: ANDI, 2008.
LETS, S T T, eta O S Odoh. «Analisis Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Pertumbuhan
Minat Membaca Alkitab Pada Peserta Didik Sekolah …». Jurnal Pembaharu (2020): 46.
Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.
Massie, Allessandro Yosafat, eta Kristina Roseven Nababan. «Dampak Pembelajaran Daring
Terhadap Pendidikan Karakter Siswa». Satya Widya 37, no. 1 (2021): 54–61.
Melinda Venna. Studi Deskriptif Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Sekolah Minggu Kelas
Madya di Eben Haezer Community Church Semarang Tahun 2019-2020. Semarang, 2020.
Mudjiono, Dimyati dan. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Noviansyah, Wahyu, Catur Mujiono. «Analisis Kesiapan Dan Hambatan Siswa SMK Dalam
Menghadapi Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi». Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
, no. 1 (2021): 82–22. https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/522.
Nurjamil, Dedi, eta Dian Kurniawan. Pendekatan Scientific Berbantuan Geogebra untuk
Meningkatkan Mathematical Problem Solving. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta.
Libk. 1. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2018.
Partanto, Pius A., eta Dkk. Kamus Ilmiah Popular. Surabaya: Arloka, 2001.
Pramita N, Wirdah, Didik S.P, eta Arika I.K. «Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut
Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar SIisswa Kelas
VII B SMP NEGERI 10 JEMBER Tahun Ajaran 2012/2013». KadikmA 5, no. 2 (2014): 1–9.
Prawitasari, Melisa, Sriwati, eta Heri Susanto. «Retrogresi Penggunaan Media Daring dalam
Pembelajaran Sejarah Masa Pandemi Covid-19». Jurnal Education and development 9, no. 4
(2021): 173–177.
Rosyada, M I, I R W Atmojo, eta D Y Saputri. «Dampak implementasi pembelajaran dalam jaringan
( daring ) mengenai kualitas pembelajaran ipa di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19». Jurnal UNS 9, no. 4 (2021): 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49180.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana,
Santoso. Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan - Budi Santoso.
Google Books. Jakarta: Yayasan Terumbu Karang Indonesia, 2010.
Simanjuntak, Julianto. Merekayasa Kehidupan Anak. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R & D). Cetakan ke.
Bandung: Alfabeta, 2015.
Sutarna, Nana, Arrofa Acesta, Nika Cahyati, Sendi Fauzi Giwangsa, Dedi Iskandar, Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan,
et al. «Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dampak Pembelajaran Daring
terhadap Siswa usia 5-8 tahun». 2022 | 6, no. 1 (2022): 288–297.
Sutiah. Optimalisasi Fuzzy Topsis: Kiat meningkatkan Prsetasi Belajar Mahasiswa. NLC, 2020.
Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Tekaka Janti Maea. Studi Deskriptif Implementasi Strategi Ekspositori Oleh Guru Sekolah Minggu
Pada Masa Pandemi Di Gereja Beth-El Tabernakel Tugumulyo Tahun 2022. Semarang,
Tenriawaru, Andi, eta Ypup Makassar. «Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui
Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing». In Prosiding Seminar Nasional. Libk.
, 2012.
Tjokrohandoko Soewarto. Studi Deskriptif Penerapan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu Dalam
Meningkatkan Antusias Anak Mengikuti Ibadah Sekolah Minggu Online Di Gereja Baithani
Kahal Semarang Tahun 2021. Semarang, 2021.
Wirdah Pramita N., Didik S.P., Arika I.K. «Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Menurut
Polya Materi Persegi dan Persegi Panjang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas
VII B SMP Negeri 10 Jember Tahun Ajaran 2012/2013». Kadikma 5, no. 2 (2013): 1–10.
«No Title», d. g. https://gaya.tempo.co/read/1500209/survei-menunjukkan-mahasiswa-khawatir-efek-pandemi-pada-prospek-kerja.
«Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam masa Covid 19.» Eskuratua otsailak 18, 2022.
https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/27bdb5850ac3939.
«Pembelajaran Kooperatif». Eskuratua uztailak 21, 2023.
https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/8275/2/T1_292009323_BAB II.pdf.
«Studi Literatur». Eskuratua urtarrilak 17, 2023. https://penerbitdeepublish.com/studi-literatur/.
«Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa
Darurat Penyebaran Corona Virus Disease». Eskuratua otsailak 18, 2022.